Manfaat Sistem Informasi bagi Perkembangan Perbankan/Asuransi Syariah

Posted On June 11, 2008

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia terutama di sektor indutri keuangan tidak lepas dari peran teknologi dan komunikasi. Di dalamnya juga tidak terlepas dari masyarakat yang berperan sebagai pengelola dan pengguna lembaga-lembaga keuangan syariah. Untuk menjalankan mekanisme operasional lembaga-lembaga tersebut maka dibutuhkan SDM yang mumpuni dengan teknologi yang canggih. Dari sinilah fungsi dan peranan teknologi sangat penting dalam menjalankan mekanisme operasional lembaga-lembaga keuangan syariah, khususnya Perbankan dan Asuransi Syraiah. Bahkan untuk meningkatkan kualitas kerja dan mutu pelayanan Perbankan dan Asuransi Syariah digunakan juga teknologi.

Hal yang menjadi penting untuk dibahas dalam peranan teknologi ini adalah teknologi sistem informasi. Hampir setiap perusahaan memiliki sistem informasi untuk menjalankan aktivitas perusahaan tersebut. Sistem informasi perusahaan adalah suatu pengorganisasian peralatan untuk mengumpulkan, menginput, memproses, menyimpan, mengatur, mengontrol, dan melaporkan informasi untuk pencapaian tujuan perusahaan.Dalam dunia Perbankan Syariah keberadaan sistem informasi sangat dibutuhkan untuk menjalankan mekanisme dan sistem operasi Bank Syariah. Dalam industri Perbankan Syariah sistem informasi di antaranya digunakan dalam sistem informasi aplikasi perbankan yakni sistem penggunaan komputer yang meliputi sistem informasi keuangan, sistem informasi konsumen (nasabah), sistem informasi pengolahan transaksi, sistem informasi pengolahan aplikasi dan sistem informasi keputusan manajemen. Selain itu juga terdapat sistem aplikasi tabungan dan giro dan sistem online banking antara lain RTGS (Real Time Gross Sattlement).

Dalam perusahaan Asuransi Syariah sistem informasi juga memiliki peranan yang sangat penting. Di antaranya sistem informasi aplikasi Asuransi Syariah yang meliputi sistem penggunaan komputer yang meliputi sistem informasi keuangan, sistem informasi konsumen, sistem informasi pendapatan perusahaan Asuransi Syariah, sistem informasi konsep takaful, sistem informasi channel management, sistem informasi actuarial and claim management, sistem informasi finance and assets managemen, sistem informasi human resources management, sistem informasi corporate management.

Dari uraian di atas maka sangatlah jelas bahwa teknologi sistem informasi memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting bagi industri keuangan syariah terutama Perbankan dan Asuransi Syariah dalam menjalankan aktivitas perusahaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s